Dampak Denial of Service pada Perusahaan Perbankan di Indonesia

Authors

  • Muhammad Julda Alhafiz Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Achmad Fauzi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Akbar Dwiansyah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Bonita Revana Indriani Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Fairly Maulana Andhito Putra Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ryan Ridho Ridwani Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.38035/jim.v2i1.233

Keywords:

Kejahatan Siber, DoS, Perbankan

Abstract

Dalam konteks perbankan Indonesia, serangan DoS dapat berdampak besar pada ketersediaan layanan perbankan dan merugikan nasabah maupun perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu, penting untuk memahami dampak DoS terhadap perusahaan perbankan di Indonesia untuk mengambil tindakan pencegahan dan perbaikan yang tepat. Artikel ini akan membahas dampak serangan DoS terhadap perusahaan perbankan di Indonesia dan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi serangan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kajian literatur kualitatif. Hasil pembahasan ini mengarah pada kesimpulan bahwa secara keseluruhan, serangan Denial of Service berdampak serius terhadap perusahaan perbankan di Indonesia dan perlu ditanggapi secara serius oleh perusahaan perbankan, regulator, dan nasabah.

References

Ade Borami Ju, Angel Tng, Nadia Carolina Weley, and Hari Sutra Disemadi. “Perlindungan Nasabah Dalam Penerapan Electronic Banking Sebagai Bagian Aktifitas Bisnis Perbankan Di Indonesia.” Jurnal Perspektif Administrasi Dan Bisnis 2, no. 1 (2021): 27–40.
Afikah, Nur, and Chairul Mukmin. “Analisa Perbandingan Kinerja Router Terhadap Variasi Serangan Ddos.” Bina Darma Conference On Computer Science 4, no. 1 (2022).
Chandra, Joko Christian, Program Studi, Manajemen Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, and Universitas Budi Luhur. “Proceeding SENDIU 2021 MODEL FRAMEWORK UNTUK ANALISIS KEAMANAN DARI SERANGAN DENIAL” (2021): 978–979.
Faridi, Muhammad Khairul. “KEJAHATAN SIBER DALAM BIDANG PERBANKAN” 1, no. 2 (2018): 57–61.
Fldr, Menggunakan, D A N Raven-storm, Manik Mahardika, I Made Edy Listartha, Gede Arna, and Jude Saskara. “ANALISIS KELAYAKAN TOOLS DENGAN METODE PENYERANGAN DISTRIBUTED DENIAL OF SERVICE ( DDOS )” 6, no. 2 (2022): 278–285.
Hidayatullah, Cahyo. “Jenis Dan Dampak Cyber Crime.” Prosiding SAINTEK: Sains dan Teknologi 2, no. 1 (2023): 216–221. https://www.jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/SAINTEK/article/view/2159.
Pencurian, Abstrak, Bank Indonesia, Rancangan Undang-undang Perlindungan, Data Pribadi, and Bank Indonesia. “Analisis Yuridis Kebocoran Data Pada Sistem Perbankan Di Indonesia ( Studi Kasus Kebocoran Data Pada Bank Indonesia ) Aditama Candra Kusuma , Ayu Diah Rahmani Fakultas Hukum , Universitas Pembangunan Veteran Jakarta Kemajuan Teknologi Sangat Membantu Manu” 5, no. 01 (n.d.): 46–63.
Pratama, Salsyabila Putri, Universitas Airlangga, Mulyorejo Surabaya, Cyber Crime, and Keamanan Komputer. “Memahami Serangan DDoS ( Distributed Denial of Service ) Dan Pengaruhnya Di Sektor Perbankan” (n.d.).
Ratulangi, Christian Henry, Dr. Anna S. Wahongan, and Franky R. Mewengkang. “Tindak Pidana Cyber Crime Dalam Kegiatan Perbankan.” Lex Privatum IX, no. 5 (2021): 179–187.

Published

2023-06-14

How to Cite

Julda Alhafiz, M. ., Fauzi, A. ., Dwiansyah, A. ., Revana Indriani, B. ., Maulana Andhito Putra, F. ., & Ridho Ridwani, R. . (2023). Dampak Denial of Service pada Perusahaan Perbankan di Indonesia. Jurnal Ilmu Multidisplin, 2(1), 114–120. https://doi.org/10.38035/jim.v2i1.233

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>