Pengaruh Profesionalisme Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jambi

Authors

  • Muhammad Emil Dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Batanghari, Jambi, Indonesia
  • Said Almaududi Dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Batanghari, Jambi, Indonesia
  • Rhenova Melyana Sihombing Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Batanghari, Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jim.v3i2.605

Keywords:

Profesionalisme Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi rantai pasok digital berkelanjutan yang berfokus pada tantangan, peluang dan strategi yang terlibat dalam adopsi teknologi ini dalam konteks industri. Di era digital saat ini, integrasi teknologi digital seperti Internet of Things, kecerdasan buatan, dan blockchain dalam rantai pasok telah menjadi kritikal untuk mencapai efisiensi, transparansi, dan keberlanjutan operasional. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review untuk mengevaluasi dan menganalisis literatur yang ada mengenai rantai pasok digital berkelanjutan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan rantai pasok digital yang berkelanjutan dihadapkan pada sejumlah tantangan yang perlu diatasi, termasuk ketergantungan yang berlebihan pada teknologi, resiko serangan siber, keterbatasan akses dan infrastruktur, serta kesulitan dalam mengintegrasikan sistem yang berbeda. Di sisi lain, terdapat peluang dalam meningkatkan transparansi rantai pasok, mengoptimalkan proses, meningkatkan efisiensi energi dan biaya, serta mendorong kolaborasi inovatif antara pemangku kepentingan. Penelitian juga menyajikan strategi penerapan yang efektif, termasuk penggunaan teknologi yang tepat, pengembangan keterampilan karyawan, dan pembangunan kemitraan yang kuat. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi organisasi yang berusaha untuk mengimplementasikan rantai pasok digital yang berkelanjutan di era digital serta membantu mereka mengatasi hambatan dan memanfaatkan peluang dengan efektif.

References

Bungin, B. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rajawali Pers.

Djarwanto, P.S., dan Pangestu, S. (2011). Statistik Induktif. Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Edison, E., Yohny, A., & Komariyah, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Istijanto. (2009). Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Mangkunegara, A.P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sarwono, J. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sedarmayanti. (2014). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV. Mandar Maju.

Siagian, P.S. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Wirjayanti, F. (2014). Analisis Profesionalisme Pegawai Dinas Sosial Kota Pekanbaru. Skripsi Riau: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Published

2024-07-15

How to Cite

Emil, M., Almaududi, S., & Sihombing, R. M. (2024). Pengaruh Profesionalisme Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jambi. Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(2), 120–126. https://doi.org/10.38035/jim.v3i2.605