Tantangan Multikulturalisme Dalam Dinamika Masyarakat Urban

Authors

  • Zyan Aditia Nugraha Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang
  • Syamsir Syamsir Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang
  • Ahmad Radifan S Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.565

Keywords:

Interaksi antarbudaya, stabilitas sosial, masyarakat urban, ekowisata, pendidikan intercultural

Abstract

Penelitian ini mengkaji dampak dinamika interaksi antarbudaya terhadap stabilitas sosial di masyarakat urban. Masyarakat urban sering kali menjadi melting pot budaya, di mana berbagai kelompok etnis, agama, dan tradisi hidup berdampingan. Dinamika interaksi antarbudaya di lingkungan ini dapat memberikan dampak positif seperti peningkatan saling pengertian dan toleransi, inovasi dan kreativitas, pengembangan ekonomi, serta kekuatan sosial. Namun, interaksi antarbudaya juga bisa menimbulkan dampak negatif seperti konflik dan ketegangan, marginalisasi dan isolasi, hilangnya identitas budaya, dan ketidakstabilan sosial. Untuk memaksimalkan dampak positif dan meminimalkan dampak negatif, diperlukan strategi pengelolaan yang mencakup pendidikan interkultural, dialog dan komunikasi, kebijakan inklusif, penegakan hukum yang adil, dan partisipasi masyarakat. Faktor-faktor seperti keberagaman budaya, mobilitas sosial, kebijakan pemerintah, kondisi ekonomi, tingkat pendidikan, dan peran media massa memengaruhi integrasi sosial antarbudaya di kota-kota besar. Melalui strategi yang tepat, integrasi sosial yang harmonis dapat tercapai, memperkaya kehidupan masyarakat urban dan menciptakan lingkungan yang inklusif dan adil bagi semua.

References

Amri, A., & Gugat, T. D. (2023). Ensiklopedia Multikultural Corak Budaya Masyarakat Bekasi. Desain Media, 1(1), 01-21.

Damanik, F. H. S. (2024). Kehidupan Multikultural di Kota Medan: Dinamika, Tantangan, dan Peluang. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 8(1), 60-67.

Fadhilah, N. (2024). Dinamika Identitas Budaya dalam Masyarakat Multikultural: Sebuah Studi Kasus di Kota Jambi. Socious Journal, 1(2), 12-16.

Islamy, A. (2023). Multikulturalisme Islam Dalam Peraturan Menteri Agama Tentang Orientasi Majelis Taklim di Indonesia. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan, 5(2), 255-274.

Nursangadah, A., Fitrah, P. F., Agustiningsih, S., Husna, F. N., & Ni’mah, U. K. (2022). Multikulturalisme di Indonesia: Relevansi Pancasila, Islam, dan Kebangsaan. ALSYS, 2(2), 253-269.

Siddeh, K. A. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Dalam Mengembangkan Sikap Toleran di Masyarakat,(Kajian Kasus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Balikpapan.

Susetya, M. A. (2022). Masyarakat dan Budaya Perkotaan.

Published

2024-06-24

How to Cite

Aditia Nugraha, Z., Syamsir, S., & Radifan S, A. (2024). Tantangan Multikulturalisme Dalam Dinamika Masyarakat Urban. Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 69–74. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.565

Most read articles by the same author(s)