Strategi Pemerintah Desa dalam Upaya Mengembangkan Program Inovasi Pamsimas di Desa Tegalpanjang Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi

Authors

  • Laela Auleani Mahasiswa Magister Ilmu Administrasi Kosnentrasi Kebijakan Publik UMMI
  • Ike Rachmawati Dosen Magister Ilmu Administrasi Konsentrasi Kebijakan Publik UMMI

DOI:

https://doi.org/10.38035/jim.v2i4.494

Keywords:

Strategi Pemerintah Desa, Program Inovasi Desa, Pamsimas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi keunggulan biaya, strategi deferensisasi, dan strategi fokus yang digunakan Pemerintah Desa dalam upaya mengembangkan Program Inovasi Pamsimas di Desa Tegalpanjang Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi. Dari segi akademik penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perkembangan Ilmu Administrasi Publik. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Desa Tegalpanjang Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Diamana pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari berbagai sumber dan tehnik penentuan informan dilakukan dengan menentukan informan khususnya Pemerintah Desa Tegalpanjang yang berperan dan terlibat secara teknis maupun langsung dalam upaya meningkatkan Program Inovasi Desa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pemerintah Desa yang digunakan dalam upaya mengembangkan Program Inovasi Pamsimas di Desa Tegalpanjang Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi berupa strategi keunggulan biaya yang belum diterapkan maksimal pada proses pembentukan dan peningkatan Program Inovasi Desa, strategi deferensiasi diterapkan melalui pembentukan dan peningkatan inovasi-inovasi, dan strategi fokus yang memfokuskan pencapaian Program Inovasi Desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Tegalpanjang Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi. Beberapa faktor penghambat dalam upaya mengembangkan Program Inovasi Pamsimas di Desa Tegalpanjang ini dilihat dari kualitas sumber daya manusia yang masih rendah dan penyedian sarana dan prasarana yang masih kurang. Jika masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan Pemerintah Desa  serta ikut serta dalam menjalankan Program Inovasi Desa maka akan tercipta kualitas sumber daya manusia yang unggul dan maju. kelengkapan sarana dan prasana menjadi penunjang yang tidak kalah penting bagi Pemerintah Desa dalam upaya mengembangkan Program Inovasi Pamsimas di Desa Tegalpanjang Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi.

References

Fahmi, Irham (2015). Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Putri Karuniyati, Adji Suradji Muhammad, Mahadiansar Mahadiansar (2022) Strategi Kemandirian Melalui Program Inovasi Desa Kuala Sempang Kabupaten Bintan Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik ISSN : P-2089-8428, E-2723-3588 Vol. 12 No. 2, Agustus Tahun 2022 (Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Brawijaya).

Profil Desa Tegalpanjang Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi Tahun 2021.

Ramdana, Fitria. (2021). Strategi Pemerintah Desa Dalam Mengembangkan Kampung Sabbeta di Desa Pising Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng (Universitas Muhammadiyah Makassar).

Rencana Strategis 2016–2021 Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi.

Soemantri, Bambang T (2011). Pedoman Penyelenggara Pemerintah Desa. Bandung: Fokus Medali.

Sedermayanti (2014). Manajemen Strategi. Bandung: PT. Reflika Aditama.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Tripono, Tejo & Uno (2015). Manajemen Strategis. Bandung: Rekayasa Sains.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Perangkat Daerah.

Zuliyah, S. 21 Mei (2019). Upaya dan Strategi Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri. Warta Ekonomi.co.id. diakses pada tanggal 27 Januari 2020. (https://www.wartaekonomi.co.id/read228758/upaya-dan-strategimewujudkan-desa-sejahtera-mandiri).

Published

2024-03-10

How to Cite

Auleani, L., & Rachmawati, I. (2024). Strategi Pemerintah Desa dalam Upaya Mengembangkan Program Inovasi Pamsimas di Desa Tegalpanjang Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ilmu Multidisplin, 2(4), 404–412. https://doi.org/10.38035/jim.v2i4.494