Peningkatan Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Hjo Chi Minh, Vietnam Melalui Transformasi Digital dan Pelatihan Kewirausahaan

Authors

  • Lintang Putri Estiarto Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Jakarta
  • Robertus Suraji Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Jakarta, Indonesia
  • Istianingsih Istianingsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Jakarta, Indonesia
  • Hapzi Hapzi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38035/jpmpt.v2i1.510

Keywords:

UMKM, Transformasi Digital, Pelatihan Kewirausahaan, Ho Chi Minh, Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

Abstract

Dalam lanskap dinamis Ho Chi Minh, Vietnam, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam pertumbuhan dan ketahanan ekonomi. Studi ini mengeksplorasi dampak transformatif dari adopsi teknologi digital dan pelatihan kewirausahaan terhadap literasi keuangan dan kemampuan manajemen bisnis UMKM di wilayah tersebut. Melalui program pelatihan komprehensif yang menggabungkan ceramah, sesi praktik, dan demonstrasi, penelitian ini mempelajari bagaimana digitalisasi dan peningkatan keterampilan kewirausahaan dapat secara signifikan meningkatkan kinerja UMKM. Temuan ini mengungkapkan bahwa merangkul teknologi digital tidak hanya merampingkan operasi tetapi juga membuka jalan pasar baru, meningkatkan daya saing dan keberlanjutan. Tantangan seperti akses ke teknologi, keamanan siber, dan adaptasi terhadap model bisnis digital diidentifikasi, di samping strategi untuk mengatasi hambatan-hambatan ini. Studi ini mengadvokasi penguatan infrastruktur digital, program pelatihan yang disesuaikan, dan dukungan pemerintah untuk memfasilitasi perjalanan transformasi digital UMKM. Dengan memanfaatkan sinergi antara pemerintah, institusi pendidikan, dan komunitas bisnis, penelitian ini menunjukkan bahwa Vietnam dapat mengembangkan sektor UMKM yang kuat yang mampu mendorong inovasi dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Investigasi ini memberikan wawasan yang berharga bagi para pembuat kebijakan, pendidik, dan pemimpin bisnis yang bertujuan untuk mendukung UMKM melalui transformasi digital dan pendidikan kewirausahaan, menandai langkah signifikan menuju Ho Chi Minh yang diberdayakan secara digital dan bergairah secara ekonomi.

References

Athar, G. A., Bantali, A., Caniago, A. S., & Olivia, H. (2023). Pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan minat wirausaha mahasiswa. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 19–25.

Aziz, R., Wahyuni, E. N., Efiyanti, A. Y., & Wargadinata, W. (2020). Membangun Sikap Optimis Remaja Yatim/Piatu Melalui Pelatihan Wirausaha di Dusun Sendang Biru Kabupaten Malang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(3), 260–266.

Ifebri, R., Nolasary, M. P., & Wulanda, F. (2020). Menumbuhkan Semangat Kewirausahaan Bagi Pemuda Dalam Membangun Nagari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dewantara, 3(1), 24–29.

Istianingsih, Sastrodiharjo, Cahyadi, Husadha, Agus, Dharmanto, Tutiek, Yoganingsih, & Milda, Handayani. (2021). Pelatihan Pelaporan Keuangan Sederhana untuk Wirausaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). SULUH: Jurnal Abdimas, 3(1), 73–80.

Komara Permana, B. (2020). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Full Costing Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Pada Cv Salwa Meubel. Jurnal Akuntansi UMMI, 1(1), 20.

Lubis, P. K. D. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Keterampilan Berwirausaha Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Niagawan, 7(2), 95–101.

Maghfirah, M., & BZ, F. S. (2016). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Penerapan Metode Full Costing Pada Umkm Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 1(2), 1.

Meedach, T., & Lekcharoen, S. (2023). A Guideline for Building Competency for Digital Entrepreneurs in Thailand. Migration Letters, 20(5). DOI: 10.59670/ml.v20i5.3537.

Nguyen Thi Thu Huong, & Truong Quang Hoan. (2023). THE DIGITAL ECONOMY IN VIETNAM: CURRENT STATUS AND POTENTIAL OF VIETNAM - SOUTH KOREA COOPERATION. DOI: 10.59266/houjs.2023.282.

Rianto, H., Olivia, H., & Awin Fahmi, D. (2020). Penguatan Tata Kelola Dan Manajemen Keuangan Pada Pelaku Usaha Di Kawasan Wisata Tiga Ras Danau Toba. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 291–299.

Th? Anh ?ào Phan. (2023). Digital transformation in training activities and accounting education at Banking Academy of Vietnam. DOI: 10.59276/tckhdt.2023.11.2603.

(2023). Entrepreneurship Education in Vietnamese Universities: Multi-Dimensional Approach From Economic Law and Human Rights. DOI: 10.33423/jhetp.v23i6.5974.

Wijayanto, P. W., Rochmawati, R., & Yusiana, R. (2022). Pelatihan Kewirausahaan dan Perhitungan Akuntansi Biaya untuk Meningkatkan Ekonomi di Desa Bojongsoang Kabupaten Bandung. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 7(2), 267–282.

Published

2024-03-22